Powered by Blogger.

Wednesday 31 August 2016

Tag: ,

Dusun Grogol

Secara geografis, Dusun Grogol Desa MunengWarangan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Jawa Tengah, wilayahnya terletak di Kaki Gunung Merbabu dan berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Merbabu, pada sebelah utara yang ada bebrapa objek wisata Goa Slandak, Hutan pinus. Sebelah Timur Dusun Grogol dengan pemandangan Gunung Andong dan Gunung Merapi, dan juga pada Sebelah Barat Dusun Grogol dengan pemandagan kota magelang dan Gunung Sumbing. 


Di Dusun grogol sangat cocok bagi para masyarakat petani untuk  bercocok tanam padi di musim penghujan dan sehari-hari memungut hasil bunga mawar, bercocok tanam syaur mayur dan ternak.



Dusun Grogol

Sebagian besar wilayah kecamatan Pakis dan Lebih tepatnya masyarakat di Dusun Grogol merupakan daerah pedesaan, yang sebagian besar masyarakatnya masih menggantungkan hidupnya pada hasil bumi yang terkandung didalamnya seperti perkebunan mawar, kerajinan keranjang mawar dll.




Goa Slandak
Merupakan salah satu ikon wisata di Dusun Grogol, lokasinya sangat tepat dimana terdapat hutan pinus dan air terjun di dekatnya.
Nama Slandak itu sendiri diberikan karna pada zamannya dulu di sini adalah tempat tinggalnya binatang landak.
Posisi Goa yang terletak persis disebelah air terjun membuat nilai tambah Goa Slandak dibandingkan dengan Goa-Goa yang lainnya.


Hutan Pinus
Terletak di bagian utara Dusun Grogol , Gerbang utama sebelum menuju Goa Slandak dan Air Terjun ini adalah Hutan Pinus yang akan memberikan kesan kesejukan alam yang tidak ada bandingnya.
Hutan yang masih asri , bersih dan sejuk ini akan memberikan ketenangan wisatawan untuk menikmati panorama Objek Wisata yang ada disini. Tidak hanya itu , di Hutan pinus ini terdapat tempat-tempat yang dapat digunakan bagi wisatawan yang suka melakukan camping dan juga bersantai menggunakan hammock.


Kedung Bunder
Adalah kolam renang alami dengan air terjun kecil. Untuk dapat sampai ke surga tersembunyi ini membutuhkan sedikit perjalanan melewati pepohonan yang masih asri, tentu saja tidak akan membuat pengunjung bosan. Di lokasi ini pengunjung dapat menikmati segarnya air dan pemandangan indah karna Lokasi Kedung Bunder berada di antara pohon-pohon pinus .
Wisatawanpun akan menikmati sensasi berenang langsung di alam ,yang memberikan pengalaman baru bagi wisatawan yang suka melakukan aktifitas air di alam. .


Mawar
Mawar adalah jenis tanaman yang banyak manfaatnya, didalam mawar terkandung vitamin C , zat tannin, geraniol, nerol, sitroneol, asam granik, terpene flavonoid, pectin, poliphenol, vanillin, karetonoid, stearopten, farnesol, eugenol, faniletilakohol, serta vitamin B, E dan K.
Dengan banyaknya kandungan yang terdapat didalam bunga mawar, maka mawar dapat dijadikan sebagai bahan baku obat, anatara lain sebagai aromaterapi,pelancar haid, menyembuhkan infeksi, menyembuhkan sekresi empedu, menurunkan panas badan, antiseptic, menghilangkan keputihan, menambah daya tahan tubuh, serta mengobati gigitan serangga berbisa
Mawar merupakan tanaman primadona Dusun Grogol, mudah sekali menemukan kebun mawar karena hampir setiap kebun terdapat tanaman bunga cantik ini.


Selai Mawar
Inovasi yang berbeda dan satu-satunya di Magelang dari Dusun Grogol yang memanfaatkan mahkota bunga mawar sebagai selai yang memiliki citarasa khas bunga mawar dan sangat lezat jika dipadukan oleh roti tawar, sehingga akan memanjakan lidah siapapun yang menikmatinya.


Sirup Mawar

Perasa sirup umumnya bersumber dari buah-buahan terutama buah-buahan yang secara alami telah memiliki perasa masam dan manis. Akan tetapi Dusun Grogol menawarkan alternatif perasa sirup yang dapat memadukan aroma khas bunga mawar yang memiliki rasa asam dan manis tanpa menghilangkan rasa khas bunga mawar sehingga konsumen dapat mendapatkan dua keuntungan sekaligus yakni kesegaran dari rasa sirup bunga mawar dan ketenangan dari aroma khas bunga mawar.


Teh Mawar
Perpaduan mawar dan teh akan memberikan cita rasa baru bagi para pecinta keduanya. Dusun Grogol juga merupakan lokasi yang pas untuk menanam teh sehingga teh mawar akan dapat menjadi salah satu olahan mawar yang terfavorit.

Peta Dusun Grogol

About KKN UII 2016

KKN UII 2016 PAKIS, MAGELANG

0 comments:

Post a Comment